Minggu, 01 Mei 2011

Isi TA apa ya???

Adik2 Mhs-i:

Harap dipahami sebelum memulai penulisan TA:
1. Variabel dalam Judul
2. Rasionalisasi Pemilihan Judul (Mengapa ya saya mengambil judul ini?? Apanya yg menarik? Terus, saya mau tulis ttg apa (Atau apa sih yg ingin saya tahu lewat tulisan ini? Kalau ada rasa ingin tahu, lantas...apa permasalahan yg ada? Terus...bagaimana saya akan mencoba menjawab pertanyaan...pakai teorinya siapa yach...Cara menganalisanya bagaimana ya...apa secara kuantitiatif atau kualitatif atau bahkan gabungan dari keduanya?? Waduh tambah bingung dech...(But I promise to myself...Never Give Up, The Show MUST go on)....

3. Setiap paragraf hanya mengandung 1 ide pokok, sedangkan yang lainnya adalah kalimat pendukung (details; recheck apakah details tsb mengacu dan sangat terkait dengan ide pokok dari paragraf dimaksud.
4. Recheck paragraph shifting, apakah sudah saling berhubungan?;

5. Untuk Bab II:
a. Berikan paragraf pembuka pada awal Bab ttg anda akan menguraikan / mengetengahkan apa dalam Bab dimaksud?
Buatlah secara sistematis dan sangat berurut, artinya: kalau anda membahas Plot, pada introductory paragraph jelaskan apa saja yang anda akan kemukakan pada Bab dimaksud.
Lalu pada paragraf berikutnya lakukan penjabaran dan pengembangan dari introductory paragraf.

Misalnya:
Introductory Paragraf:
" dalam bab ini penulis akan mengemukakan ttg Plot, jenis plot, dan elemen2 plot". Dalam upaya mengungkap 3 hal tersebut penulis akan memberikan sintesa (pemahaman/simpulan pribadi atas teori-teori pendukung), data tentang elemen plot tersebut, dan pada bagian elemen akan dicoba diungkap sekilas tentang apa setiap elemen plot tersebut yang ada dalam movie".

b. Untuk Bab III : Summary and Analysis of Movie
pada summary: anda memaparkan secara singkat namun padat tentang movie itu sendiri;
pada analysis: (coba pahami lagi ttg statement of the problems) lalu berikan jawaban atas problems tsb.

Artinya: tekankan bahwa memang pada tiap elemen plot sangat mungkin terdiri dari beberapa konflik, tetapi anda telah memilahnya sesuai dengan elemen plot. mengapa sampai anda yakin bahwa durasi dari sekian ke sekian merupakan bagian dari misalnya rising action; terus ttg apa? mis: ok rising action is about divorce. (TITIK). Jadi kalau spt ini anda bisa memahami topik dalam rising action tsb. begitu juga dengan elemen lainnya. perkuat argumen anda ttg topik masing2 elemen plot tsb (semacam bercerita tetapi SANGAT fokus pada topik elemen plot dimaksud.
Jika problem anda melingkupi moral message, juga what part of really entertains you, anda dapat mengemukakannya juga.

Sekali lagi, problems pada 1.2 dan 1.3 harus terjawab, dan buatlah catatan pinggir anda akan letak dari jawaban tersebut ada pada halaman berapa...ok.

Untuk Bab IV Conclusion and Suggestion:
Conclusion
Dibuat ringkas saja (anda tidak perlu bercerita lagi), hanya memuat apa sih yang dapat anda simpulkan dari analisys anda tsb.

Sedangkan pada Suggestion:
Pikirkan ttg:
Apakah topik ini sudah anda cover semuanya, atau msh ada bagian lain dari movie ini yang bisa digambarkan oleh adik2 anda (mahasiswa lain / atau pembaca.

Pada Reference:
Ikuti petunjuk penulisan pada Buku Panduan;

Mohon, di antara kalian saling merecheck tata bahasa tulisan teman2nya..(OK, ga usah malu, gengsi, atau merasa minder....)
Bagi yg Minder,, tuch ada obatnya di toko bangunan...(peace..)

(Ingat bahwa pada saat konsultasi reference, anda harus membawa BUKU sumber, acuan anda baik berbntuk .pdf (yang diunduh dari Web, artikel, dll. SEMUANYA HARUS DIBAWA.


Konsultasi TERAKHIR (SEMUANYA HARUS DIBAWA, MULAI DARI BAHAN YANG SAYA TELAH CORET-CORET, PERUBAHANNYA SAMPAI SEMUANYA DECH...TRMASUK COVER, OUTLINE, DAFTAR ISI, LEMBAR PENGESAHAN, ORIGINALITY, ACKNOWLEDGEMENTS, foto, daftar riwayat hidup, dll..Tidak Ada Alasan LUPA.) Bagi yang belum menyampaikan MOVIE-nya...terakhir nih...ok (nanti kalau TA hampir selesai)


Setiap mahasiswa bimbingan...dijatah 6x bimbingan saja...Lebih dari 6...ada kompensasi....Ok...


Terima kasih...JND

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar